Nama Kelompok : (1EB22) AKUNTANSI
- Fanny Dwi Risanti
- Meymanah
- Waskito Hadie Saputro
MINGGU 2
1. jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi?
JAWAB :
Ø Modal
- Modal usaha dalam perusahaan
A. Pengertian modal :
Physical oriented -> Modal merupakan hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi barang lebih lanjut.
Non-physical oriented -> Daya beli atau kekuasaan menggunakan barang modal
Pengertian modal menurut beberapa penulis :
a. Lutge modal adalah dalam artian uang
b. Schwiedland modal meliputi baik modal dlm bentuk uang maupuan dalam bentuk barang.
c. A. Amonn, J. von Komorzynsk modal sbg kekuasaan menggunakan yg diharapkan atas barang modal yg belum digunakan.
d. J.B. Clark pengertian modal ada 2 yakni:a.Modal Abstrak(capital) relatif tetap. Modal Kongkret relatif berganti-ganti.
e. Menurut. Fisher :
Modal Abstrak (capital value) relatif permanen
Modal Kongkret (capital goods) mengalam perubahan
Modal Abstrak (capital value) relatif permanen
Modal Kongkret (capital goods) mengalam perubahan
f. Prof. Meiji Modal adalah kolektivitas barang modal yg terdpt dlm neraca sebelah debit.


2. Berilah masing – masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/ tempat ?
JAWAB :
· lokasi yang terikat pada alam
· lokasi berdasarkan pada sejarah
· lokasi berdasarkan pemerintah
· lokasi berdasarkan hubungan internasional
· lokasi yang di pengaruhi faktor produksi
3. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan?
JAWAB :
Tujuan perusahaan adalah :
· Ingin menjadikan perusahaan yang dia pimpin menjadi maju
Karena jika suatu perusahaan itu maju, otomatis itu akan mendorong sector bisnis seperti jual beli yang menguntungkan.
· Menjadikan perusahaan itu menjadi perusahaan yang memiliki nama besar dan kualitas bagus juga terkenal.
Karena jika suatu perusahaan itu sudah ter cap dengan hal seperti itu maka konsumen pun akan mudah tertarik pada suatu barang yang diproduksi oleh perusahaan itu serta menaikan laba perusahaan itu sendiri.
· Menjadikan perusahaan tersebut menjadi nomer satu serta mengalahkan para pesaing nya yang mempunyai sector industry yang sama
Karena jika suatu perusahaan telah mencapai tempat nomer satu dalam bidang industry yang sama maka perusahaan tersebut tergolong perusahaan yang sukses dan dia pun otomatis terkenal dan banyak orang mamakai produk atau jasa nya yang dihasilkan oleh perusahaan itu dan bisa jadi tidak usah menyebarkan iklan besar besaran, sebab konsumen justru mencarinya bahkan bisa menyebarluaskan ke antara sesama konsumen lain.
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan?
JAWAB :
JAWAB :
a. Faktor internal adalah sesuatu lingkungan yang berada di dalam organisasi dan berpengaruh secara langsung dan khusus pada perusahaan, atau segala sesuatu yang berada di dalam organisasi dan berpengaruh secara langsung.karna faktor internal berperan penting dalam berlangsungnya kegiatan perusahaan,dari mulai pemilik,seperti dewan direksi sampai ke pegawai semuanya memegang peranan penting dan saling mempengaruhi.
b. Faktor eksternal adalah sesuatu lingkungan yang berada di luar organisasi dan berpengaruh secara tidak langsung dan terlepas dari operasi perusahaan, atau segala sesuatu yang berada di luar organisasi dan berpengaruh secara tidak langsung.karna faktor eksternal menjadi faktor strategis perusahaan kemudian dikategorikan sebagai peluang dan ancaman untuk dimasukkan ke perumusan strategi.
5. Aplikasikan setiap variabel ingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahaan?
JAWAB :
· Ekologi : adanya pencemaran udara, air dan sampah
· Ekonomi : adanya sistem urbanisasi
· Sosial : banyak nya kriminalitas serta pengangguran
· Hukum : adanya keputusan dan transaksi dalam perusahaan
6. Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach?
JAWAB :
· Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
· Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar