Nama Kelompok : (1EB22) AKUNTANSI
- Fanny Dwi Risanti
- Meymanah
- Waskito Hadie Saputro
MINGGU 6
1. Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran?
JAWAB :
Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai
sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha
menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang
Pemasaran
Pemasaran
adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barangatau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
2. Berikan contoh masing – masing 5 untuk :
·
Jenis
pasar industry
·
Pasar
penjualan
JAWAB
:
Pasar industry adalah pasar yang pembelinya individu,
lebaga atau organisasi, meereka membeli barang untuk dipakai sendiri baik
langsung maupun tidak langsunguntuk digunakan memproduksi barang lain yang
kemudian dijual ke konsuen, itu biasanya memperjual belikan barang – barang
yang berhubungan dengan industry, contohnya :
─
Pengusaha
furniture
─
Pengusaha karet
─
Pengusaha
percetakan
─
Pengusaha
tembakau
─
Pengusaha kayu
Pasar penjual adalah pasar yang terdirin atas
individu, lembaga atau organisasi membeli barang – barang lalu dijual lagi semata
– mata untuk mencari laba, contohnya :
─
Mini market
─
Toko sembako
─
Toko cake/ kue
─
Usaha catering
─
Grosir
baju/pakaian
3.
Jelaskan dengan 1contoh barang/jasa
universal bagaimana memasarkannya (berdasarkan 4P)?
JAWAB :
Contoh barangnya ialah peralatan
rumah tangga seperti kitchen set atau produk tupperware.
Memasarkan berdasarkan 4P yakni
(product, price, promotion, place )
─ Berdasarkan product :
Artinya barang tersebut harus bisa memikat para konsumen agar tertarik
untuk membelinya dan pastinya harus berkualitas bahkan produk barang tersebut
akan lebih mudah terjual apabila memiliki brand ternama dan sudah terkenal.
─ Berdasarkan price :
Artinya produk barang yang ditawarkan kepada konsumen janganlah memasang
harga yang tinggi karena itu akan mengurangi rasa ketertarikan konsumen untuk
membeli barang tersebut, tetapi berikan harga yang memang sudah sesuai standart
produk barang tersebut.
─ Berdasarkan promotion :
Artinya untuk meningkatkan produk penjualan, harus diimbangi dengan promosi
secara luas agar masyarakat itu mengetahui produk yang kita jual, bahkan produk
tersebut bisa menjadi terkenal, atau bisa sekalian untuk jasa sebagai member
buat memproosikan produk tersebut.
─ Berdasarkan place :
Artinya produk tersebut baiknya dipasarkan sesuai tempatnya seperti dilakukan
penawaran ke rumah – rumah/ ibu rumah tangga. Atau bisa juga on line.
4.
Sebutkan dan jelaskan 4 variabel bauran
promosi?
JAWAB :
1.
Advertising (periklanan)
Periklanan (advertising) adalah penyajian materi
secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk
mempromosikan barang atau jasa.
2.
Personal Selling (penjualan)
Personal selling adalah
komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk
memperkenalkan suatu produk kepada
calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga
mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
3.
Publisitas (publikasi)
Publisitas
adalah suatu bentuk penyajian usaha untuk meningkatkan permintaan dari suatu
produk secara non personal dengan membuat berita yang bersifat komersial
tentang produk perusahaan yang bersangkutan.
4.
Sales Promotion (Promosi Penjualan)
Sales promotion atau yang sering disebut promosi penjualan dalam bahasa
Indonesia, biasanya digunakan perusahaan produksi barang atau jasa untuk
menambah nilai suatu produk tersebut, yang gunanya untuk menarik
konsumen untuk membeli atau memakai produk atau jasa tersebut.
5. Sebutkan beberapa alternative sistem
pemasaran?
JAWAB :
a. Memaksimalkan konsumsi
b. Memaksimalkan kepuasan konsumen
c. Memaksimalkan pilihan
d. Memaksimalkan kualitas hidup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar