Tugas Softskill
Pengantar Bisnis
"Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis"
Nama : Fanny Dwi Risanti
NPM : 23213210
Kelas : 1EB17 / Kelas Mengulang
1. Benturan dengan kepentingan
masyarakat
Proses produksi seringkali
menyebabkan benturan kepentingan (masyarakat dengan perusahaan ). Terjadi pada
berbagai tingkat perusahaan ( besar, menengah dengan perusahaan ). Benturan ini
terjadi kerap kli karena perusahaan menimbulkan polusi ( udara, air, limbah,
suara bahkan mental kejiwaan ) Klasifikasi aspek pendorong tanggung jawab
social. Dalam menunaikan tanggung jawab social, perusahaan dituntut untuk
menghindari etika bisnis. Hal-hal pendorong dilaksanakannya etika bisnis :
- Dorongan dari pihak luar, dari lingkungan masyarakat seringkali menghadapi kendala berupa adanya biaya tambahan yang kadang cukup besar bagi perusahaan dan diperhitungkan biaya tambahan untung-rugi usaha
- Dorongan dari dalam bisnis itu sendiri, sisi humanism pebisnis yang melibatkan rasa,karsa,karya yang ikut mendorong diciptakanya etika bisnis yang baik dan jujur. Penerapan prinsip manejemen terbuka hubungan industrial pancasila, pengendalian mutu terpadu dengan gugus kendali mutunya merupakan contoh penerapan manejemen yang berorientasi hubungan kemanusian.
2. Dorongan tanggung jawab sosial
Klasifikasi masalah social yang
mendorong pelaksanaan tanggung jawab social pada sebuah bisnis sebagai berikut
:
Penerapan manajemen orientasi kemanusian
Kegiatan intern yang muncul bersifat sangat
kaku,keras, zakeliyl ( saklek ) , birokratik, dan otoriter. Prosedur
administrasi serta jenjang kewenangan yang berbelit-berbelit sering menyebabkan
tekanan batin bagi para pebisnis maupun pahak lain yang berhubungan kurang
manusiawi pun kerap terjadi antara perusahaan dengan pihak luar (
pelanggan,masyarakat umum ). Manfaat penerapan manajemen orientasi kemanusiaan.
Penerapan akan menimbulkan hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara
pelaku bisnis dan pihak luar secara rinci, manfaat tersebut adalah :
- Peningkatan moral kerja karyawan yang berakibat membaiknya semangat dan produktivitas kerja
- Adanya partisipasi bawahan dan timbulnya rasa ikut memiliki sehingga tercipta kondisi manajemen partisipasif.
- Penurunan absen karyawan yang disebabkan kenyaman kerja sebagai hasil hubungan kerja yang menyenangkan dan baik.
- Peningkatan mutu produksi yang diadakan oleh terbentuknya rasa percaya diri karyawan.
- Kepercayaan konsumen yang meningkatkan dan merupakan dasar bagi perkembangan selanjutnya dari perusahaan.
Ekologi dan gerakan pelestarian lingkungan
Ekologi, yang menitikberatkan pada
keseimbangan antara manusia dan alam lingkunganya banyak dipengaruhui oleh
proses produksi. Sebagai contoh maraknya penebangan hutan sebagai bahan dasar
industry perkayuan. Perburuan kulit ular yang diperuntukan industry kerajinan
kulit. Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak maupun racun yang
merusak alam sekitar.
Penghematan energy
Pengurasan secara besar-besaran
energy yang berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti
minyak,batubara dan gas telah banyak terjadi. Kesadaran bahwa sumber daya
tersebut tidak dapat diperbaharui telah mendorong dilaksanakanya proses
efisiensi serta mencari pengganti sumber daya tersebut. Yang dapat disebut dengan
sumber energy alternative diantaranya adalah pemanfaatan tenaga
surya,nuklir,angin,air serta laut.
Partisipasi pembangunan bangsa
Kesadaran masyarat pebisnis terhadap
suksesnya pembangunan sangat diperlukan. Karena denag adanya kesadran tersebut,
akan membantu pemerintah menangani masalah pengangguran dengan cara ikut
melibatkan penggunaan tenaga kerja yang ada, sebagai bentuk tanggung jawab
social pada lingkungan sekitar perusahaan beroprasi.
Gerakan Kosumerisme
Awal perkembangannya tahun 1960an di
Negara barat yang berhasil memberlakukan undang-undang perlindungan konsumen
yang meliputi beragam aspek diantarannya :
- Perlindungan atas praktik penjualan paksa samapi pemberian izin lisensi bagi para petugas reparasi alat rumah tangga,
- Memperoleh perhatian and tindakan nyata dari kalangan bisnis terhadap keluhan konsumen atas praktek bisnisnya
- Pelaksanaan strategi advertensi/periklanan yang realistic dan mendidik serta tidak menyesatkan masyarakat.
- Disenggarakan panel-panel diskusi antara wakil konsumen dengan produsen
- Pelayalan purna jual lebih baik
- Berjalannya proses public relation ( PR ) yang lebih menitikberatkan pada kepuasa konsumen dari pada promosi semata.
3. Etika bisnis
Merupakan penerapan secara langsung
tanggung jawab social suatu bisnis yang timbul dari dalam perusahaan itu
sendiri. Etika pergaulan dalam melaksakan bisnis disebut etika pergaulan
bisnis.
Hubungan antara bisnis dengan langganan/kosumen
Merupakan pergaulan antara konsumen
dengan produsen dan paling banyak ditemui. Berikut beberapa contohnya :
- Kemasan yang berbeda-beda menyulitkan kosumen untuk membandingkan harga terhadap produk
- Kemasan membuat konsumen tidak dapat mengetahui isi didalamnya, sehingga diperluka penjelasan tentang isi serta kandungan yang terdapat dalam produk tersebut.
- Promosi, terutama iklan merupakan gangguan etis tang paling utama.
- Pemberian servis dan garansi sebagai bagian dari layanan purna jurnal.
Hubungan dengan karyawan
Bentuk hubungan ini meliputi :
penerimaan ( recruitmen ), latihan ( training ), promosi, transfer, demosi
maupun pemberhenti ( termination ). Dimana semua bentuk hubungan tersebut harus
dijalan secara objektif dan jujur.
Hubungan antara bisnis
Pemberian informasi hubungan yang
terjadi diantara perusahhan, baik perusahaan kolega,pesaing,penyalur,grosir
maupun distributornya.
Hubungan dengan investor
Pemberian informasi yang benar
terhadap investor maupu calon investor merupakan bentuk hubungan ini. Sehingga
dapat menghimdari pengambilan keputusan yang keliru.
Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan
Hubungan dengan lembaga keuangan,
terutama jawatan pajak pada umumnya merupakan hubungan yang bersifat financial,
berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan. Pelaksanaan tanggung jawab social
merupakan penerapan dan pelaksanaan kepedulian bisnis terhadap lingkungan serta
mengikuti etika bisnis. Penerapan etika bisnis adalah maksud dari konsep
stakcholder yang berlawan dengan konsep stockholder.
4. Bentuk-bentuk tanggung jawab
social suatu bisnis
Penjabaran dari kepedulian social
dari suatu bisnis berbentuk pelaksanaan tanggung jawab social bisnis. Sejalan
dengan itu dapat dilihat behwa semakin tinggi tingkat kepedulian social suatu
bisnis maka semakin mengingkat pula pelaksanaan praktek bisnis etika dalam
masyarakat.beberapa bentuk pelaksanaan tanggung jawab social yang dapat kita
temui di Indonesia adalah :
- Pelaksanaan hubungan industrial pancasila ( HIP ), Kesepakatan Kerja Bersama ( KKB ) merupakan bentuk pelaksanaan yang telah banyak dijalankan pengusahan dengan karyawannya dan dituangkan dalam buku. Dimana diatur kewajiban dan hak masing-masing pihak. Beberapa contoh hak karyawan adalah cuti, tunjangan hari raya,dan pakaian kerja.
- Analisis mengenai dampak lingkungan ( AMDAL ), Penangan limbah industry sebagai bagian dari produksi sebagai bentuk partisipasi lingkungan
- Penerapan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 ), Penekanan pada factor keselamatan pekerja dengan mempergunakan alat-alat yang berfungsi menjaga keselamatan, seperti topi pengaman,masker pelindung maupun pakaian khusus lainya.
- Perkebunan inti rakyat ( PIR ), System perkebunan yang melibatkan besar milik Negara dan kecil milik masyarakat. Perkebunan besar berfungsi sebagai inti dan motor penggerak perkebunan dimana semua bahan bakunya diambil dari perkebunan kecil di sekitarnya yang berfungsi sebagai plasma.
- System baoak anak-anak angkat, System ini melibatkan pengusaha besar yang mengangkat penguysaha kecil/menengah mitra kerja yang harus mereka bina terkadang hal ini menyebabkan masalah kepada pengusaha oleh karena itu dibutuhkan kesadaran yinggi dalam pelaksannanya.
Tanggung jawab social ( social responsibility )
Etika mempengaruhi prilaku di
lingkungan, kerja maupun suatu usaha bisnis untuk menyeimbangkan komitmenya
terhadap kelompok dan individu dalam lingkunganya contohnya : bertanggung jawab
terhadap investor, untuk memaximalkan profit, karyawan, konsumen dan bisnis
lain.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar