Tugas Softskill
Pengantar Bisnis
"Akuntansi dan Laporan Keuangan"
Nama : Fanny Dwi Risanti
NPM : 23213210
Kelas : 1EB17/ Mahasiswa Mengulang
Akuntansi & Laporan Keuangan
A. Pengertian Akuntansi
Akuntansi berasal dari kata asing
accounting yang artinya dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau
mempertanggungjawabkan. Secara umum akuntansi adalah kumpulan prosedur-prosedur
untuk mencatat, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan, dan melaporkan dalam
bentuk laporan keuangan.
Berikut ini adalah pengertian
akuntansi yang lainnya :
- Menurut Amin W, Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan dan mengikhtisarkan) kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
- Menurut Abubakar. A & Wibowo, Akuntansi adalah proses identifikasi, pencatatan dan komunikasi terhadap transaksi ekonomi dari suatu entitas/perusahaan.
B. Fungsi Akuntansi
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai
informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat
posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya.
Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi
mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen
untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.
C. Pihak-Pihak yang Berkepentingan
Adapun pihak-pihak yang
berkepentingan terhadap informasi akuntansi adalah:
- Para pemilik dan calon pemilik perusahaan, Para pemilik dan calon pemilik perusahaan berkepentingan untuk mengetahui perkembangan dan kondisi keuangan perusahaan.
- Para pengelola perusahaan, Para pengelola perusahaan ini adalah para manajer, jajaran direksi. Bagi pengelola perusahaan akuntansi digunakan untuk berbagai tujuan. Diantaranya informasi bagi manajemen sebagai bahan analisa dan interpretasi dalam melakukan evaluasi atas kegiatan dan pencapaian hasil yang direncanakan perusahaan.
- Para pegawai/karyawan perusahaan, Untuk apa ya para pegawai membutuhkan laporan akuntansi? Para pegawai/karyawan perusahaan sebenarnya sangat berkepentingan untuk mendapatkan informasi keuangan perusahaan. Hal ini dihubungkan dengan hak-hak pegawai dalam bidang penggajian, gratifikasi ataupun bonus (jasa produksi) serta perangsang sosial lainnya dari perusahaan untuk tujuan kesejahteraan perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan pengabdian pegawai pada perusahaan.
- Para investor, Kalau kita mau invest dana tentunya kita bakalan nyari perusahaan yang kondisinya bonafid. Nah, para investor luar yang bermaksud menginvestasikan modalnya ke dalam suatu perusahaan, untuk keamanan pelaksanaan investasinya harus terlebih dahulu mengetahui kemampuan perusahaan yang bersangkutan agar jangan sampai dananya terbuang sia-sia.
- Para kreditor, Para kreditor seperti bank pemberi kredit sangat memerlukan laporan keuangan perusahaan yang akan diberikan kredit untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan keputusan penetapan pemberian kredit. Sama seperti investor, para kreditor juga cuma mau memberikan dananya pada perusahaan yang bonafid.
- Pemerintah, Pemerintah sangat berkepentingan dalam menilai maju mundurnya perusahaan yang ada di negaranya, misalnya saja untuk menentukan kebijaksanaan sumber penerimaan negara dari sektor pajak atau menentukan kebijaksanaan lain yang berkaitan dengan pemberian fasilitas tertentu dari pemerintah.
- Rekanan perusahaan, Yang dimaksud dengan rekanan perusahaan di sini ialah perusahaan-perusahaan lain yang diajak kerja sama dalam suatu kegiatan atau proyek-proyek pekerjaan tertentu yang sifatnya bekerja sama untuk saling mendukung dalam penyelesaian kegiatan yang digarap bersama.
D. Prinsip Akuntansi
Prinsip-prinsip akuntansi Indonesia
terdiri atas sejumlah aturan yang menjadi pedoman bertindak dalam melaksanakan
akuntansi di Indonesia dan akan berkembang di masa yang akan datang. Dari
sekian banyak aturan yang terdapat dalam prinsip akuntansi Indonesia, di sini
akan dibahas tiga aturan saja, yaitu konsep entitas, prinsip obyektivitas, dan
prinsip cost (biaya).
- Konsep Entitas. Konsep yang paling mendasar di dalam akuntansi adalah konsep entitas (kesatuan usaha). Kesatuan usaha akuntansi adalah suatu organisasi atau bagian dari organisasi yang berdiri sendiri, terpisah dari organisasi lain atau individu lain. Ditinjau dari segi akuntansi, antara kesatuan usaha yang satu dengan kesatuan usaha yang lain atau dengan pemiliknya terdapat garis pemisah yang tegas. Ini berarti bahwa kejadian keuangan yang menyangkut suatu kesatuan usaha tidak boleh dicampur dengan kesatuan usaha lain atau dengan pemiliknya, dan sebaliknya. Konsep ini penting artinya dalam menilai keadaan keuangan dan hasil usaha yang dicapai suatu organisasi atau bagian dari organisasi. Tanpa konsep ini maka laporan keuangan akan menjadi kacau, karena apa yang tercantum dalam laporan keuangan suatu organisasi mungkin dimasuki kejadian-kejadian keuangan yang sebenarnya tidak berhubungan dengan organisasi tersebut.
- Prinsip Obyektivitas. Catatan dan laporan akuntansi harus didasarkan pada data yang bisa dipercaya sebagai laporan yang menyajikan informasi yang tepat dan berguna. Data yang bisa dipercaya adalah data yang bisa diverifikasi (diperiksa kebenarannya). Data semacam itu harus bisa dikonfirmasi oleh pengamat yang independen. Oleh karena itu catatan akuntansi harus didasarkan pada informasi yang berawal dari kegiatan yang didokumentasi dalam bentuk bukti yang obyektif. Seandainya akuntansi tidak mengenal prinsip obyektivitas, maka pencatatan akuntansi akan didasarkan pada hal-hal yang tidak obyektif dan bisa mengakibatkan kekacauan.
- Prinsip cost (biaya). Prinsip cost atau prinsip biaya menetapkan bahwa harta atau jasa yang dibeli atau diperoleh harus dicatat atas dasar biaya yang sesungguhnya. Meskipun pembeli tahu bahwa harga mungkin masih bisa ditawar, tetapi barang atau jasa yang dibeli akan dicatat dengan harga yang sesungguhnya disepakati dalam transaksi yang bersangkutan.
E. Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang
merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama
tahun buku yang bersangkutan.
Pengertian laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan:
“Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan.
Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan perubahan posisi
keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misal, sebagai
laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan juga termasuk skedul dan
informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal informasi
keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan
harga”.
F. Isi Laporan Keuangan
Laporan keuangan terdiri dari 3 macam :
- Laporan Laba-Rugi (income statement), Laporan laba-rugi adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan apakah suatu perusahaan mengalami laba atau rugi dalam satu periode akuntansi.
- Laporan Perubahan Modal (statement of equity), Laporan perubahan modal adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan bertambahnya atau berkurangnya modal suatu perusahaan akibat dari laba atau rugi yang diterima oleh perusahaan tersebut dalam satu periode akuntansi.
- Neraca (balance sheet), Laporan neraca adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menunjukan keadaan keuangan secara sistematis dari suatu perusahaan pada saat tertentu dengan cara menyajikan daftar aktiva, utang dan modal pemilik perusahaan.
G. Bentuk Neraca
Neraca dapat disusun dalam dua bentuk: yaitu bentuk skontro dan bentuk
staffel. Bentuk skontro, artinya menyusun harta pada sisi kiri dan utang pada
sisi kanan atau sebelahmenyebelah. Sedangkan bentuk staffel sering disebut
dengan bentuk laporan, yaitu menempatkan harta pada bagian atas neraca dan
utang dengan modal di bagian bawahnya. Coba Anda bedakan kedua bentuk neraca
berikut. Perbedaan neraca bentuk staffel dengan skontro adalah bentuk staffel
disusun secara vertikal. Harta pada bagian atas dan utang dengan modal pada
bagian bawah. Sedangkan bentuk skontro, harta (aktiva) pada sisi kiri, utang
dan modal pada sisi kanan.
H. Laporan Laba Rugi
Pengertian Laporan Laba Rugi Laporan laba rugi adalah laporan yang
menyajikan sumber pendapatan dan beban suatu perusahaan (dagang) selama periode
akuntansi. Untuk Menghitung laba rugi perusahaan adalah:
Laba bersih = laba kotor – beban usaha.
Beban usaha dalam perusahaan dagang ada dua kelompok.
a. Beban penjualan ialah biaya yang
langsung dengan penjualan.
b. Beban administrasi/umum ialah
biaya-biaya yang tidak langsung dengan penjualan.
Untuk menghitung laba kotor adalah:
Laba kotor = penjualan bersih – harga pokok penjualan.
Sedangkan untuk menghitung penjualan bersih adalah :
Penjualan bersih = penjualan – retur penjualan dan pengurangan harga –
potongan penjualan.
Menyusun Laporan Laba Rugi.
Laporan laba rugi dapat disajikan
dalam dua bentuk yaitu single step dan multiple step.
a.
Single Step/Langsung.
Laporan single step/langsung yaitu
laporan laba rugi di mana semua pendapatan dijumlahkan menjadi satu, demikian
juga untuk bebannya, kemudian dicari selisihnya untuk mengetahui laba atau rugi.
b. Multiple Step (Bertahap)
Laporan laba rugi bentuk multiple
step (bertahap) adalah laporan laba rugi dengan mengelompokkan atau memisahkan
antara pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha, dan memisahkan pula
antara beban usaha dan beban di luar usaha, baru kemudian dicari selisihnya
sehingga akan diperoleh laba atau rugi usaha.
I. Bentuk Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi dapat disusun dalam
dua bentuk, yaitu:
1. Bentuk Single Step
2. Bentuk Multiple Step
Laporan laba rugi dalam bentuk single
step hanya dikenal laba bersih karena dalam bentuk ini semua penghasilan
dikurangi beban-beban termasuk pajak dilaporkan sekaligus tanpa
dipisah-pisahkan seperti dalammultiple step. Dalam bentuk multiple step,
laporan laba rugi disusun bertahap, sehingga dikenal beberapa jenis laba
seperti laba kotor, laba bersih operasi, laba bersih sebelum pajak dan laba
bersih setelah pajak.
Contoh Format Laporan Laba Rugi
Bentuk Single Step
Perusahaan Kartika Jaya
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan) yang Berakhir 31 Desember 2006
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan) yang Berakhir 31 Desember 2006
Pendapatan :
Pendapatan Operasi XX
Penghasilan diluar Operasi XX
Jumlah XXX
Beban-beban :
Beban Operasi XX
Beban diluar Operasi XX
Pendapatan Operasi XX
Penghasilan diluar Operasi XX
Jumlah XXX
Beban-beban :
Beban Operasi XX
Beban diluar Operasi XX
Laba Kotor XXX
Pajak (XX)
Laba Bersih XXX
Pajak (XX)
Laba Bersih XXX
Contoh Format Laporan Laba Rugi
Bentuk Multiple Step
Perusahaan Kartika Jaya
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan)* yang Berakhir 31 Desember 2006
Laporan Laba Rugi
Untuk Tahun (Bulan)* yang Berakhir 31 Desember 2006
Pendapatan XX
Beban Operasi :
Beban Iklan XX
Beban Gaji Adm Kantor XX
Beban Asuransi XX
Beban Penyusutan XX
Beban Operasi :
Beban Iklan XX
Beban Gaji Adm Kantor XX
Beban Asuransi XX
Beban Penyusutan XX
Total Beban XX
Laba Operasi XXX
Pendapatan & Beban diluar Operasi
Pendapatan Bungan XX
Beban Bunga XX
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Pajak XX
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Catatan: * bila laporan dibuat per bulan.
Laba Operasi XXX
Pendapatan & Beban diluar Operasi
Pendapatan Bungan XX
Beban Bunga XX
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Pajak XX
Laba Bersih Setelah Pajak XXX
Catatan: * bila laporan dibuat per bulan.
J. Tujuan Laporan Keuangan
Tujuan laporan keuangan menurut A
Statement of Basic Accounting Theory (ASOBAT) dalam Sofyan Syafri Harahap (2000
: 6), merumuskan empat tujuan laporan keuangan sebagai berikut :
- Membuat keputusan yang menyangkut penggunaan kekayaan yang terbatas dan untuk menetapkan tujuan.
- Mengarahkan dan mengontrol secara efektif sumber daya manusia dan faktor produksi lainnya.
- Memelihara dan melaporkan pengamanan terhadap kekayaan.Membantu fungsi dan pengawasan sosial.
Lebih lanjut menurut APB Statement
No.4 dalam Sofyan Syafri Harahap (2000 : 99), menyatakan bahwa tujuan laporan
keuangan dapat digolongkan sebagai berikut :
1. Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari laporan keuangan
adalah untuk menyajikan posisi keuangan, hasil usaha dan perubahan posisi
keuangan lainnya secara wajar sesuai dengan GAAP (General Accepted Accounting
Principle).
2. Tujuan Umum
a) Memberikan informasi yang terpercaya
tentang sumber-sumber ekonomi, dan kewajiban perusahaan dengan maksud :
·
Untuk
menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan.
·
Untuk
menunjukkan posisi keuangan dan investasinya.
·
Untuk
menilai kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan hutang-hutangnya.
·
Menunjukkan
kemampuan sumber-sumber kekayaannya yang ada untuk pertumbuhan perusahaan.
b) Memberikan informasi yang terpercaya
tentang sumber kekayaan bersih yang berasal dari kegiatan usaha dalam mencari
laba dengan maksud :
·
Memberikan
gambaran tentang deviden yang diharapkan pemegang saham.
·
Menunjukkan
kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban kepada kreditur, supplier, pegawai,
pajak, pengumpulan dana untuk pelunasan.
·
Memberikan
informasi kepada manajemen untuk digunakan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan
dan pengawasan.
·
Menunjukkan
tingkat kemampuan perusahaan mendapatkan laba dalam jangka panjang.
c) Memberikan informasi keuangan yang
dapat digunakan untuk menaksirkan potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
d) Memberikan informasi yang diperlukan
lainnya tentang perubahan harta dan kewajiban.
e) Mengungkapkan informasi relevan
lainnya yang dibutuhkan para pemakai laporan keuangan.
3. Tujuan Kualitatif
Adapun tujuan kualitatif dari laporan
keuangan yaitu sebagai berikut :
- Relevance, yaitu memilih informasi yang benar-benar dapat membantu pemakai laporan dalam proses pengambilan keputusan.
- Understandability, yaitu informasi yang dipilih untuk disajikan bukan saja penting tetapi juga harus dimengerti oleh para pemakainya.
- Verifiability, yaitu hasil akuntansi itu harus dapat diperiksa oleh pihak lain akan menghasilkan pendapatan yang sama.
- Neutrality, yaitu laporan akuntansi itu harus netral terhadap pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi dimaksudkan untuk pihak umum bukan pihak-pihak tertentu saja.
- Timelines, yaitu laporan akuntansi hanya bermanfaat untuk pengambilan keputusan apabila diserahkan pada saat yang sama.
- Comparability, yaitu informasi akuntansi harus dapat saling dibandingkan artinya akuntansi harus memiliki prinsip yang sama baik untuk suatu perusahaan maupun perusahaan lain.
- Completeness, yaitu informasi akuntansi yang dilaporkan harus mencakup semua kebutuhan yang layak dari pemakai.
SUMBER
http://anandyarevannie.blogspot.com/2012/10/pengertian-akuntansi.html
http://www.neracalajur.com/2012/02/pengertian-dan-fungsi-akuntansi.html
http://www.hari.asia/2012/04/prinsip-prinsip-akuntansi.html
http://belajar.kemdiknas.go.id/index5.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Modul20Online/SMA/view&id=69&uniq=1234http://endrayanie.blogspot.com/2012/01/bab-11-akuntansi-dan-laporan-keuangan.html
http://lailyza.blogspot.com/2012/04/laporan-labarugi.html
http://www.neracalajur.com/2012/02/pengertian-dan-fungsi-akuntansi.html
http://www.hari.asia/2012/04/prinsip-prinsip-akuntansi.html
http://belajar.kemdiknas.go.id/index5.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Modul20Online/SMA/view&id=69&uniq=1234http://endrayanie.blogspot.com/2012/01/bab-11-akuntansi-dan-laporan-keuangan.html
http://lailyza.blogspot.com/2012/04/laporan-labarugi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar