Tugas Softskill
Pengantar Bisnis
"Manajemen dan Organisasi"
Nama : Fanny Dwi Risanti
NPM : 23213210
Kelas : 1EB17/ Mahasiswa Mengulang
Universitas Gunadarma
PTA 2015/2016
Manajemen
Istilah manajemen memiliki banyak
pengertian. Pengertian manajemen menurut Daft (2003;4) yaitu : “Management is
the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner
through planning organizing leading and controlling organizational
recources.” Arti dari pengertian manajemen diatas adalah, manajemen
merupakan pencapaian tujuan dengan cara yang efektif dan efisien melalui
perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumber daya. Secara
universal manajemen diartikan sebagai penggunaan sumber daya organisasi untuk
mencapai sasaran dan kinerja yang tinggi dalam berbagai kegiatan organisasi
profit maupun non profit.
Selain kategori besar manajemen,
manajer pada berbagai tingkat hirarki memiliki peran manajerial yang berbeda.
Seorang peneliti. Henry Mintzberg, mengkategorikan peran seorang manajer dan
dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis utama, yaitu :
─ Peran Decisional, membutuhkan
manajer yang merencanakan strategi dan memanfaatkan sumber daya.
─ Peran Interpersonal, memerlukan
manajemen untuk mengarahkaan dan mengawasi karyawan dan organisasi.
─ Peran
Informasi adalah, mereka dimana para manajer memberikan dan mengirimkan
informasi.
Latar Belakang Sejarah Manajemen
Bukti adanya praktik-praktik
manajemen adalah pembangunan piramida di Mesir, pembangunan tembok besar di
Cina. Lalu contoh manajemen lainnya adalah pada era 1400-an, di Venesia,
Italia, adanya pusat perdagangan di Benua Eropa. Ada dua peristiwa bersejarah
yang dapat dijadikan sebagai latar belakang dan sejarah manajemen, yaitu pada
tahun 1776, dimana Adam Smith menerbitkan bukunya yang berjudul The Wealth
of Nations, dimana dalam bukunya ia menggagas manfaat yang dapat diperoleh
masyarakat dan organisasi dari penerapan pembagian kerja (division of labor).
Peristiwa yang kedua yaitu, revolusi industri di Prancis yang terjadi sekitar
abad 18, dimana peran tenaga mesin telah menggantikan tenaga manusia.
Fungsi dan Proses manajemen
Aspek yang dikelola oleh manajemen
mencakup produksi, pemasaran, SDM dan keuangan , dan sumbr daya lainnya.
Fungsi-fungsi dasar manajemen dapat diringkas menjadi empat fungsi dasar manajemen,
yaitu :
1)
Perencanaan
Fungsi
perencanaan mencakup, penetapan sasaran, penetapan strategi, menyusun rencana
untuk memadukan dan mengkoordinasikan sejumlah kegiatan untuk mencapai sasaran.
2)
Pengorganisasian
Fungsi
ini mencakup, apa yang harus dilakukan, bagaimana cara melakukannya, siapa yang
harus melakukannya, dan siapa kepada siapa harus melapor.
3)
Memimpin
Tugas
seorang manajer adalah bekerja melalui orang lain. Fungsinya adalah mengarahkan
dan memotivasi, memengaruhi individu atau tim untuk bekerja sama, dan mencari
komunikasi yang efektif untuk menyelesaikan konflik.
4)
Mengendalikan
Fungsi
ini menjamin sesuatu berjalan sesuai dengan semestinya, dengan cara memantau
dan menilai kinerja dengan membandingkan kinerja aktual dengan sasaran yang
telah ditetapkan. Fungsi-fungsi manajemen diatas bertujuan untuk mencapai
sasaran yang telah ditetapkan dalam organisasi.
Proses manajemen
adalah serangkaian kegiatan dan keputusan seorang manajer sewaktu merancang,
mengatur, mengorganisasi, memimpin, atau melaksanakan kegiatan usaha dan
mengendalikan usahanya.
Ciri-Ciri Manajer Profesional
Definisi sederhana tentang
profesional dapat diberlakukan pada profesi manajer. Pertama, seorang manajer
profesional adalah seorang yang hidup dari profesinya sebagai manajer, bukan manajer
amatiran atau bekerja sambilan. Kedua, seorang manajer profesional tentunya
diharapkan betul-betul melaksanakan tugasnya layaknya seorang profesional dalam
bidang lainnya dan mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang tinggi untuk
mencapai keberhasilannya.
Ketrampilan Manajemen yang
Dibutuhkan
Ketrampilan atau kemampuan yang
harus dimiliki seseorang untuk menjadi seorang manajer profesional ada 3, yaitu
:
- Kemampuan teknis
- Kemampuan Interaksi Antar Manusia.
- Kemampuan dalam Penetapan Visi, Misi, dan Strategis.
Organisasi
Organisasi
merupakan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam
sebuah sistem. Definisi lain menyebutkan, organisasi adalah wadah untuk
sekelompok individu berinteraksi dengan wewenang tertentu.
Pentingnya Mengenal Organisasi
─ Terciptanya
hubungan yang baik antar anggota.
─ Setiap
anggota telah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
─ Spesialisasi
dalam melaksanakan tugas.
Bentuk-Bentuk Organisasi
1.
Organisasi
Garis (oleh : Henry Fayol)
Organisasi
yang paling sederhana dan sudah sangat tua. Digunakan di kalangan militer
dengan karyawan yang masih sedikit dan saling kenal. Spesialisasi pekerjaannya
pun belum terlalu tinggi.
2.
Organisasi
Fungsional (oleh : F.W. Taylor)
Pimpinan-pimpinan
yang ada, tidak memiliki bawahan yang jelas, karena setiap pimpinan mempunyai
wewenang untuk memberikan komando selama masih ada hubungannya dengan fungsi
atasan tersebut.
3.
Organisasi
Staf dan Garis (oleh : Harrington Emerson)
Biasanya
dipakai pada organisasi yang besar dengan daerah kerja yang luas dan bidang
tugas yang beraneka ragam serta rumit. Memiliki tenaga staf atau tenaga ahli
lebih dari satu untuk memberikan nasihat atau saran.
4.
Organisasi
Staf dan Fungsional
Organisasi
staf dan fungsional merupakan organisasi gabungan antara staf dan fungsional.
Memiliki kelebihan dan kelemahan seperti organisasi staf dan organisasi
fungsional.
Prinsip-Prinsip Organisasi
Prinsip dari organisasi menawarkan
petunjuk untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas struktur organisasi.
Dengan kata lain, prinsip-prinsip ini adalah kriteria dari proses organisasi
yang efisien. Pakar manajemen menyebutkan, statement khusus terkait dengan
prinsip organisasi dalam manajemen. Beberapa prinsip organisasi itu antara lain
:
1. Kesatuan
Tujuan.
2. Divisi
Kerja dan Spesialisasi.
3. delegasi
Kewenangan/
4. Koordinasi.
5. Kesatuan
Komando.
6. Fleksibilitas.
7. Sederhana.
8. Rentang
Kendali.
9. chain
of Command.
10. Prinsip
Pengecualian.
11. Wewenang
dan Tanggung Jawab.
12. Efisiensi.
13. Keseimbangan
yang Wajar.
14. Pemisahan
fungsi lini dan staf.
Ketrampilan Manajemen yang
Dibutuhkan
Ketrampilan yang harus dimiliki pada
setiap manajer berbeda-beda. Pada tingkatan manajer paling atas (Top Manager)
membutuhkan kemampuan konseptual daripada yang lainnya. Manajemen paling bawah
lebih memerlukan ketrampilan teknikal, seperti akuntansi, komputer, dan
lain-lain. Ketrampilan ketiga, yaitu ketrampilan berkomunikasi dimana
ketrampilan ini dibutuhkan dalam semua tingkatan manajemen.
Sebab Keberhasilan dan Kegagalan
Organisasi
Sebab keberhasilan dan kegagalan
suatu organisasi sangat berhubungan dengan para anggotanya. Sebab keberhasilan
organisasi karena adanya kerja sama yang baik antara anggota dalam suatu
organisasi, sehingga tercipta keberhasilan di dalam organisasi tersebut. Sebab
kegagalan organisasi adalah adanya faktor intern dalam organisasi tersebut.
SUMBER :
Fuad, M., H, Chiristine., Nurlela., Sugiarto., Y.E.F, Paulus. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
http://top-studies.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-peranan-manajemen.html#sthash.lEXsvNOd.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar